23 Tanggapan untuk "Cara Merawat Burung Pleci Cepat Ngeplong"

  1. Jadi ingat masa-masa dulu ketika tinggal di Cihideung (dibawah kaki Gn Salak) dulu saya suka nangkepin burung kecamata, sepah, burung madu, cangkulileung, joglo dll.. menggunakan hetah karet...
    mantapp kang... slama kenal.. saya tunggu kunjungan baliknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas,sekarang kayaknya itu burung-burung sudah berkurang..pindah ke sangkar rumahan semua..he3x..TQ sudah mampir...

      Hapus
  2. saya mau nanya.. dulu pleci saya, saya gantung di lantai 2 rumah saya, itu pleci bunyi mulu... sampe tanggorakannya gerak2 gitu dan ngeluarin suara kaya meniru suara burung lain (saya ngga tau sebutannya apa).. naah pas saya pindahkan ke lantai bawah, itu burung jd jarang bunyi ya om.. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mengamati di alam liar, Pleci memang lebih sering terlihat berkicau lepas di dahan pohon paling tinggi Mas..mungkin itu sebabnya..

      Hapus
  3. Tadi pagi ada burung pleci mampir di belakang rumah, tp sayang tidak dapat di tangkap he2222

    BalasHapus
  4. Sekarang pada suka pakai doping tanpa memikirkan efek samping dari doping itu sendiri. Nah sekarang bagaimana caranya untuk mengatasi burung pleci yang diam setelah memakai doping?

    BalasHapus
  5. kenapa brung pleci yg sya punya kok cuma ngalas n ngriwik trus ya...? blum bongkar2 isian pdahal kriwik-ane sudh banyak. tpi sya hnya punya satu itu drumah. mhon slusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dibelikan 1 ekor lagi yang betina, coba disatukan beberapa hari kemudian coba dipisahkan tapi tidak saling lihat..reaksinya terus ngalas-ngalas nggak Om..

      Hapus
  6. Om pleci saya uda ngerol smbil buka paruh tp suaranya kcil bgt.gmn solusinya biar suaranya bsar om!tnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belikan betina atau buat koloni kecil di rumah, kemudian sesekali coba pisahkan burung tersebut dari koloninya dan lihat reaksinya..kalau bisa ketika dipisah, tempatkan di tempat yang ramai dan bising supaya burung terpancing bersuara lantang..trm kasih

      Hapus
  7. saya mau beli pleci ahh ombok'an per 1 ekor nya 50rbu cari yang warnanya kuning terang y omm

    BalasHapus
  8. Om apakah pleci betina juga ngalas?
    Bisa ga bedain gender dari suara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betina ngga bisa ngalas Om, cuma nada call saja..betina tidak bisa ngalas apalagi ngeriwik dan ngerol.

      Hapus
  9. om . kmren sy beli pleci ombyokan dan sy yakin itu jantan stlah sy bawa plang dan pleci itu mencoba buka paruhnya dengan lebar namun tidak bisa ngeluarin suaranya . tapi 3hari brikutnya waktu sy embunin , dteng pleci liar mndekati . dan sy brhasil mnangkap . dan trnyata burung liar itu suarany lbih keras dripda yg sy beli dan klo dikrodongin . burung liar itu ngriwik/ngeroll (sy kurng bisa bedain) dngan durasi cukup panjang tpi suaranya tdk trlalu keras . sdngkan yg sy beli itu ngeriwik tpi tidak monoton cit..cit..cit saja . kadang dikombinasiin sdkit . mohon pencerahannya mana yg jantan dan betina om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas.Gendi, kalau ngeriwik pasti jantan..burung betina cuma bisa bunyi ciet..ciet "nada call" saja..sedang jantan ngeriwik dengan ciri lehernya bergerak-gerak seperti mengelembung..mengecil begitu terus..

      Hapus
  10. saya baru bli plci jnis buxtoni,sya bgung bdain jntan dan betina
    tpi pas wktu tak dekatkan dg brung plci lain pleci baru sya sudah mau teler dan buka paruh tpi msh plan apa itu sdh psti jantan trma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teler buka paruh geleng-geleng kepala sambil bunyi titi..titi..titie..ya Mas..kalau yang gitu kadang juga ada yang perempuan lho..cb kalau sdh mau ngeriwik pasti jantan Mas..

      Hapus
  11. Saya punya pleci jenis buxtomi ,burungnya udah ngalas udah ngeriwik isiannya udah banyak ,tips biar ngeriwik kasar gimana ?yg di sebut ngeplong ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sering diputarkan suara Pleci ombyokan dengan berbagai varian suara. Biasanya burung jadi terpancing untuk bersuara lebih keras dan ngeriwik keras disertai tembakan ngalas yang kadang bisa isian.

      Hapus
  12. tiap pagi kerek pleci seperti perkutut aja tiap pagi

    BalasHapus
  13. Om ari pleci saya ngeriwik kasar,bukpar jg tpi belum ngeplong bgt,gmn caranya biar cepet ngeplong sama full bukpar om...
    trims...

    BalasHapus
  14. Mau nanya om,pleci saya udah ngalas,dan udah ngeriwik seperti burung lainnya. Tapi dia masih belum ngeriwik kasar ( ngeplong ) gimana iya om caranya biar ngeplong ??

    BalasHapus